Menentukan Jumlah Sample Data


Dalam sebuah penelitian, besarnya sampel yang akan digunakan tergantung dari beberapa hal, yaitu :

  1. Derajat keseragaman (degree of homogeneity) dari populasi, makin seragam sebuah populasi penelitian, maka untuk mendapatkan hasil penelitian yang presisi dibutuhkan jumlah sampel yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan populasi yang tidak seragam.
  2. Tingkat ketelitian analisa yang dikehendaki dalam penelitian. Jumlah sample yang lebih banyak dapat menghasilkan tingkat ketelitian analisa yang lebih baik.
  3. Rencana analisa.
  4. Tenaga, biaya, dan waktu yang tersedia.

Salah satu metode yang dapat dipakai untukmenentukan jumlah sampel ini adalah metode purposive sampling. Dalam metode ini besarnya sampel ditentukan dengan mempertimbangkan tujuan penelitian berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan terlebih dahulu. Dimana besarnay sampel yang akan digunakan dihitung dengan menggunakan rumus Slovin  berikut :

jumlah Sample = N / (1+N.e.e)

Dimana :
–    n adalah jumlah sampel
–    N adalah jumlah populasi
–    e adalah persentase toleransi ketidaktelitian (presesi) karena kesalahan pengambilan sampel yang masih dapat ditolerir

Sebagai contoh : Populasi penduduk sebuah kota adalah sebanayak 1 juta jiwa. Dan tolerasi kesalahan analisa yang masih diijinkan dalam sebuah penelitian di kota tersebut adalah 10%. Maka jumlah sampel yang harus diambil dalam penelitian di kota tersebut adalah :

Jumlah sampel = 1000000/(1+1000000×0.1×01)
= 1000000/10001 = 99.99
Jumlah sampel dibulatkan jadi 100 penduduk

Untuk penjelasan tambahan, lihat juga materi kuliah BioStatistik Sampel Dan Metode Sampling berikut, atau Anda dapat juga melihat-lihat materi kuliah BioStatistik lainnya di page BioStatistik.

Kamu Juga Bisa Buat NSP Sendiri lo....

About these ads

2 Responses

  1. mau tanya, kalo jumlah sampel minimal untuk penelitian kuantitatif berapa ya? misal, kita meneliti tentang karyawan yang akan pensiun. nah, kebetulan karyawan yang pensiun di perusahaan itu hanya ada 20 orang, dan jadi diambil sampel sebanyak 20 orang tersebut. kalau bgitu, apakah sudah memenuhi syarat sampel? trimakasih.

  2. beneer….saya ingin meneliti tentang kinerja outsourcing karyawan satpam yg berjumlah yg berjumlah 21 orang……apa semua karyawan tsb bs memenuhi syarat sampel…..mohon penjelasan bagi pakar statistik…trmksh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: